Berita  

[Update] BISA Promosikan Keragaman Budaya Indonesia di Amerika Serikat Lewat “Nusantara”

Mamecoin.id – Nusantara, Festival Indonesia terbesar di Bay Area, California, yang diselenggarakan Berkeley Indonesian Student Association (BISA) kembali hadir dengan tema Colors of Culture (Warna-Warni Budaya). 

Direktur Eksekutif Nusantara Nadine Kei Inara (Kei) mengatakan, Nusantara 2024 adalah festival tahunan Indonesia ke-8 yang diadakan oleh BISA. 

Acara ini berlangsung pada 26 April 2024 di West Crescent Circle, UC Berkeley, dan dihadiri oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Bay Area dan California, termasuk kalangan profesional, alumni dan pelajar dari UC Berkeley, Stanford University, UC Davis, UC San Diego, dan beberapa Universitas lain. 

Melalui Nusantara, para tamu dapat merasakan dan mempelajari budaya Indonesia melalui berbagai pertunjukan seni tradisional, makanan, dan permainan tradisional seperti lomba makan kerupuk dan cerdas cermat serta berbagai kegiatan menarik lainnya.

Selain pertunjukan lagu-lagu Indonesia, acara Nusantara juga menampilkan Tari Saman, Tari Puspita, dan Tari Sekar Jagat yang dipersembahkan oleh mahasiswa dan dosen UC Berkeley, serta penampilan tamu spesial Gamelan Jegog dan Dance Ensemble Gamelan Sekar Jaya. 

“Nusantara memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia yang tinggal jauh dari Tanah Air untuk terhubung kembali dengan akar budaya mereka, sekaligus juga memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat dan komunitas lain di Berkeley, Bay Area, dan sekitarnya,” ujar Kei dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu (4/5/2024). 

Tema “warna-warni budaya” digunakan untuk menunjukkan budaya Indonesia, meliputi makanan dan seni pertunjukan tradisional serta permainan yang kaya dan beraneka ragam untuk melukiskan tanah air Indonesia. 

Dijelaskan Kei, dengan semakin banyaknya generasi muda Indonesia yang belajar di luar negeri, penting untuk menjaga, melestarikan, dan memperdalam hubungan mereka dengan warisan budaya Indonesia. 

“Itu sebabnya kami memilih slogan ‘Menunjukkan Keragaman Indonesia di Panggung Dunia’,” imbuhnya.

BISA adalah Perkumpulan Pelajar Indonesia di UC Berkeley yang didirikan pada tahun 1985 dengan tujuan untuk membangun komunitas Indonesia yang kuat di kampus UC Berkeley dan meningkatkan kesadaran akan budaya Indonesia. (*)

(Jakarta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *