Berita  

[Update] Banyak Masyarakat Belum Tahu Program UHC, Syaiful Ramadhan Minta Dinkes Maksimal Lakukan Sosialisasi

MEDAN (Mamecoin.id) : Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan Syaiful Ramadhan mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat terkait program Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Medan Sehat (JKBM) yang ada di Kota Medan.

Dimana sampai hari ini masih banyak masyarakat belum tahu program berobat gratis yang berlaku sejak desember 2022 tersebut.

“Berdasar infomasi, masih banyak masyarakat Kota Medan yang belum tahu tentang program UHC JKMB,”ujar Syaiful di gedung dewan Jalan Kapten Maulana Lubis Rabu (5/6/2024)

Bahkan kata Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Medan ini, ada masyarakat menyampaikan terkesan dibola-bola pada saat ingin mengakses program UHC JKMB.

Malah kata Syaiful ada pasien yang disuruh bayar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang menunggak atau disuruh bayar menjadi pasien umum

Padahal semua warga yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Medan minimal tiga bulan sudah tercover dalam program UHC JKBM yang biayanya ditampung didalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Medan.

“Kami berharap pemerintah kota (Pemko) Medan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan memaksimalkan sosialisasi ke masyarakat dan monitoring ke Puskesmas serta ke semua rumah sakit yang terdaftar sebagai provider BPJS agar dapat memberikan layanan yang baik kepada pasien,”kata Syaiful.

Syaiful juga minta Pemko Medan memberikan sanksi tegas kepada rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang tidak melayani dengan baik program UHC
yang sudah ditetapkan.

Tidak hanya itu politisi PKS ini minta kepasa Dinkes melakukan sidak rutin pelayanan rumah sakit dan Puskesmas.P06


Dilihat : 24

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *