Berita  

[Update] Asahan Tuan Rumah Rakor Teknis Pendampingan dan Pembinaan TRC Penanggulangan Bencana Multi Sektor

Asahan (Mamecoin.id): Rapat Koordinasi (Rakor ) Teknis Pendampingan dan Pembinaan Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana Multi Sektor yang diikuti 4 Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Asahan, Kabupaten Batu Bara, Kabupaten Labuhan Batu dan Kota Tanjung Balai yang bertempat di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Kamis (06/06/2024)

Turut hadir dalam acara tersebut Sekda Kabupaten Asahan Drs. Jhon hardi Nasution, MSi, mewakili Kepala BPBD Sumut, mewakili Kepala BPBD Kabupaten Asahan, Mewakili Kepala BPBD Batu Bara ialah Sekretaris BPBD Kabupaten Batu Bara , Kepala BPBD Labuhan Batu Utara, Mewakili Kepala BPBD Kota Tanjung Balai ialah Sekretaris BPBD, para OPD dan serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Asahan yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Asahan Drs. Jhon Hardi Nasution, MSi
mengatakan dibentuknya tim reaksi cepat untuk penanggulangan bencana bisa meminimalisir dampak dari bencana tersebut, bencana alam bisa disebabkan dari beberapa faktor bisa dari faktor alam ataupun faktor manusia, tentunya diperlukan tim yang cepat untuk mengidentifikasi baik kerugian dari bencana maupun dari jumlah dari korban bencana tersebut.

” Pemerintah kabupaten Asahan juga berharap kegiatan ini berkelanjutan dan bisa diterapkan di wilayah masing-masing agar meminimalisir dampak dari bencana tersebut,” katanya.

Sambutan Kepala BPBD Sumut yang diwakili Sofyan mengatakan Pemerintah Provinsi Sumut melalui BPBD Sumut siap mendukung Tim Reaksi Cepat (TRC) penanggulangan bencana multi sektor yang ada di Kabupaten Asahan, Batu Bara, Labuhan Batu dan Kota Tanjung Balai dan pembentukan TRC adalah UU Nomor 24/Tahun 2007, Peraturan Pemerintah Nomor 21/2008, Peraturan Mendagri Nomor 101/2008, Perka BNPB 2016 dan No. 03/2022.

” Tidak semua OPD dilibatkan dalam TRC tetapi ada beberapa yang dilibatkan langsung dan harus dibentuk ditiap Kabupaten/kota sehingga dalam keadaan bencana perlu adanya kajian yang cepat dan tepat sehingga dampak dari bencana bisa di identifikasi,” ujarnya.

Dan untuk pemaparan Rapat Koordinasi Teknis dan Pendampingan dan Pembinaan Reaksi Cepat dari Kabupaten Asahan oleh Kabid Kedaruratan Fahri, SH, MH.

Kepala BPBD Kab. Asahan Harry Naldo Tambunan, SE dan melalui Kepala Bidang Kedaruratan Fahri, SH, MH saat dikonfirmasi mengatakan,  Kabupaten Asahan sudah membentuk TRC .

Menurutnya, secara administrasi sudah dibentuk dan dengan dilakukannya rapat koordinasi ini maka TRC bisa bekerja dengan cepat dan tepat serta bisa memetakan dampak dari bencana, mengidentifikasi dan serta jumlah korban yang terdampak dari bencana tersebut.

” Untuk di Kabupaten Asahan Bencana yang sering terjadi adalah banjir, puting beliung, serta kebakaran hutan, dan segera pengambilan langkah-langkah yang tepat dan cepat untuk tanggap bencana bagi yang terdampak bencana,”  ujarnya. AR


Dilihat : 52

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *