Berita  

[Update] Anjloknya Nilai Tukar Rupiah, Ini Kata Husnul Zein

Mamecoin.id – Saat ini nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS sudah mencapai 16.341. Hal ini pun tampaknya perlahan-lahan sudah mulai terasa bagi masyarakat Kabupaten Batu Bara. 

Pengamat Ekonomi Kabupaten Batu Bara, Husnul Zein, SE mengungkapkan bahwa memang hari ini terjadi dampak yang signifikan yang dirasakan masyarakat khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terkait anjoknya Rupiah terhadap Dolar AS sehingga mempengaruhi daya beli dan aktivitas perekonomian masyarakat menengah ke bawah. 

“Bagi pedagang pakaian yang berada di Tanjung Tiram biasanya mereka belanja seminggu sekali ke Medan untuk belanja bahan dagangan ke pusat pasar, kini hanya belanja saat barang dagangan laku terjual dan terlihat aktivitas transaksi pun lengang,” jelasnya, Jumat (28/6/2024).

Lanjut Mantan Account Officer Bank Muamalat ini, anjloknya Rupiah terhadap Dolar ini jangan sampai menjadi kronis dan butuh penanganan serius, jangan sampai terjadi seperti resesi ekonomi yang terjadi di tahun 1998.

Sehingga uang tidak mempunyai nilai lagi, sementara harga-harga kebutuhan pokok, baik jenis primer seperti kebutuhan pokok sembako dan sekunder seperti pakaian dan lain-lain yang terus mengalami kenaikan cukup tinggi.

Husnul juga mengharapkan agar Pemerintah segera mungkin dapat mengambil langkah kongkrit untuk menangani persoalan melemahnya rupiah terhadap dollar ini, sehingga dampaknya tidak semakin mencekik leher masyarakat luas khususnya di Kabupaten Batu Bara.  (*)

Reporter : Reza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *