Berita  

[Update] Agus Fatoni Optimis Potensi Aneka Kerajinan Sumut Mampu Jadi Modal Memajukan Daerah Berita Terkini Medan Sumut

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni optimis bahwa Provinsi Sumut memiliki potensi memajukan daerah melalui keanekaragaman kerajinan yang dimiliki. Hal tersebut disampaikannya saat memimpin rapat bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut dan organisasi perangkat daerah (OPD) di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Medan, Sumut, Rabu (10/7/2024).

“Jumlah penduduk kita besar sekali, kekayaan kita, kita itu multietnis, ini modal besar, kerajinan kita beragam sekali, ini bisa jadi modal kita untuk memajukan Sumut,” kata Fatoni. 

Selain itu, Fatoni menyebut Dekranasda Sumut memiliki akses pintu masuk menuju luar dan dalam negeri melalui Bandara Internasional Kualanamu. Selain itu, sejumlah Kantor Konjen yang bisa dimanfaatkan guna mempromosikan kerajinan secara langsung ke negara-negara luar.

Tak hanya itu, Fatoni juga meminta Dekranasda Sumut untuk terus berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh pihak. Dirinya mengusulkan agar Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) masuk dalam struktur kepengurusan dikarenakan semakin banyak pihak terlibat maka tujuan yang diinginkan dapat segera tercapai.

“Kepengurusan juga bisa disegarkan, ditambahkan di bidang mana yang masih kurang, yang sudah baik dilanjutkan terus, bisa juga dengan kepengurusan yang besar pembagian tugasnya akan semakin kecil dan fokus,” ucap Fatoni.

Dirinya juga meminta agar Dekrasnada Sumut mengambil contoh dari negara lain. Fatoni mencontohkan Thailand yang mampu memunculkan daya tarik melalui kerajinan, kesenian dan pertunjukan. 

“Di Bangkok, Thailand itu dia bisa mengkreasikan tari kolosal pertunjukan, jadi daya tariknya pertunjukan dan hal hal kreatif dan inovatif lainnya bisa kita tiru,” ujar Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Harian Dekranasda Sumut Mulyadi Simatupang berharap agar pengalaman Pj Gubernur Fatoni yang telah menjadi Kepala Daerah di berbagai tempat dapat memberi arahan pada Dekranasda Sumut agar lebih baik. 

Mulyadi memaparkan Dekranasda Sumut memiliki peluang yang dapat dimanfaatkan. Mulai dari memanfaatkan agenda besar Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut, terbukanya pasar dalam maupun luar negeri, dukungan CSR dan perkembangan teknologi digital. 

“Peluang ini harus kita manfaatkan agar Dekranasda Sumut bisa senantiasa memajukan kerajinan dan memberdayakan pengrajin di Sumut,” katanya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Pj Ketua Dekranasda Sumut Tyas Fatoni, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Naslindo Sirait, Kepala Dinas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Faisal Nasution dan OPD lainnya

Editor: Mamecoin.id

T#g:kerajinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *