Berita  

[Update] 360 Jemaah Haji Kloter I asal Asahan Terbang ke Madinah

Mamecoin.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, melepas keberangkatan 360 calon jemaah haji Kelompok Terbang (kloter) satu asal Kabupaten Asahan, Embarkasi Medan 1445 H dari Asrama Haji Medan menuju Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Senin (13/5/2024).

“Ibadah haji merupakan kewajiban umat Islam bagi yang mampu melaksanakannya, dalam arti mampu dari aspek fisik, maupun biaya perjalanannya selama berada di Tanah Suci dan biaya bagi keluarga yang ditinggalkan,” kata Hassanudin.

Pelepasan keberangkatan calon jemaah haji tersebut dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumut Ahmad Qosbi, selaku Ketua PPIH Medan, dan Bupati Asahan Surya.

Pelaksanaan pelepasan Kloter 1 dilaksanakan hanya 25 menit dan sesuai Surat Edaran Nomor 1 Dirjen PHU Kemenag RI tahun 2024 tentang Pelepasan Jemaah di Asrama Haji.

Pemberangkatan sempat tertunda, yang semula dijadwalkan sekitar pukul 04.00 WIB,  menjadi pukul 06.15 WIB.

Kepada calon jemaah haji, kata Hassanudin, sepatutnya harus bersyukur kepada Allah SWT, karena diberi kenikmatan dan kesempatan, sehingga bisa melaksanakan ibadah haji pada tahun ini, mengingat daftar tunggu yang begitu lama.

“Saya berharap kepada bapak dan ibu calon jemaah haji agar benar-benar berusaha untuk melaksanakan ibadah haji dengan sempurna, serta menyadari sedalam-dalamnya, bahwa menunaikan ibadah haji semata-mata karena Allah SWT,” ucapnya.

Untuk para petugas haji, baik Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI),  Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD), maupun ketua rombongan dan ketua regu, agar benar-benar mengemban amanah dan kepercayaan yang diberikan sebagai tambahan ibadah.

“Sehingga upaya kita memberikan pelayanan dapat ditingkatkan dari tahun ke tahun. Pelayanan yang diberikan adalah pelayanan yang dapat menyenangkan dan memudahkan jemaah haji beribadah dengan aman dan baik. Layanilah jemaah haji tersebut dengan sabar dan lemah lembut, terutama kepada jemaah haji yang telah lanjut usia, dan mempunyai penyakit risiko tinggi,” terangnya.

Ketua PPIH Medan, Ahmad Qosbi, dalam sambutannya mengatakan, panitia akan memberikan pelayanan yang maksimal dan berkomitmen melayani jemaah sepenuh hati.

“Panitia berkomitmen memberikan pelayanan memuaskan kepada jemaah dan bertekad secara terus menerus agar pelayanan yang diberikan adalah pelayanan yang prima kepada jemaah,” ucapnya.

Sementara, Kakankemenag Asahan, Saripuddin Daulay, mengatakan, jemaah calon haji kloter 1 Kabupaten Asahan berjumlah 352 orang, ditambah 8 petugas yang terdiri dari 1 TPIH, 1 TPIHI, 3 PHD, 3 TKHK.

Sehingga totalnya sebanyak 360 orang. Dari jumlah tersebut, calon jemaah haji kaki-laki 142 orang dan perempuan 218 orang.

Jemaah termuda atas nama Rifay Vazaresta Tambunan (24) berasal dari Kecamatan Aek Songsongan. Jamaah tertua bernama Syaimah Damanik (95) yang berasal dari Kecamatan Buntu Pane.

Para jemaah haji sebelumnya berada di Asrama Haji Medan, Minggu (12/5/2024).

Kemudian pada Senin (13/5/2024), para jemaah tersebut berangkat melalui Embarkasi Medan dengan pesawat Garuda Indonesia Airways No Flight 3101 menuju Bandara AMAA Madinah. (*)

(Medan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *