Berita  

[Update] 173 TPS Pemilu di Lhokseumawe Masuk Kategori Rawan

LHOKSEUMAWE — Sebanyak 173 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di Wilayah Hukum Polres Lhokseumawe masuk kategori rawan yang membutuhkan pengamanan ekstra.

Hal itu disampaikan Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto saat memimpin apel keberangkatan personel pengamanan TPS Pemilu 2024 di Mapolres Lhokseumawe, Senin, 12 Februari 2024.

Dalam amanatnya AKBP Henki Ismanto menyampaikan, Polri sebagai aparat yang diberi kepercayaan oleh Undang-undang untuk mengamankan rangkaian kegiatan pemilu secara aman, tertib dan lancar serta harus bisa memberikan jaminan agar pesta demokrasi berlangsung secara langsung umum bebas rahasia (Luber) serta jujur dan adil.

“Kehadiran polisi sangat diperlukan dalam menjaga kondusif kamtibmas menjelang pelaksanaan Pemilu untuk menetralisir situasi permasalahan yang terjadi, dan tidak berkembang menjadi situasi gangguan keamanan yang lebih besar sehingga situasi tetap dalam keadaan kondusif dan terkendali,” kata Henki.

Kapolres Lhokseumawe melanjutkan, pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, ini artinya kita sudah semakin matang dalam memastikan kesiapan kegiatan pengamanan, termasuk administrasi, anggaran, personel, cara bertindak dan dukungan sarpras yang dimulai pada tanggal 11 – 15 Februari 2024.

“Hari ini Polres Lhokseumawe memberangkatkan 560 personel gabungan yang terdiri 149 personel Polsek jajaran Polres Lhokseumawe, 236 personel Polres Lhokseumawe, 171 personil BKO Polda Aceh dan 4 personil BKO Polres Aceh Utara.

Jumlah TPS di wilayah hukum Polres Lhokseumawe sebanyak 1.323 TPS yang terdiri 489 di kota Lhokseumawe dan 834 TPS di Kabupaten Aceh Utara.

Saudara sekalian akan diberangkatkan menuju 16 polsek di jajaran Polres Lhokseumawe dalam rangka mem-backup pengamanan TPS dengan tingkat kerawanan yang berbeda di tiap-tiap TPS, dengan tingkat kurang rawan sebanyak 1. 146 TPS, tingkat rawan sebanyak 173 TPS yang tentunya membutuhkan pengamanan yang ekstra dari seluruh personel kita,” ungkap Henki dalam apel tersebut.

Sebelum melepas keberangkatan ke wilayah, Kapolres Lhokseumawe Henki Ismanto menyampaikan beberapa penekanan untuk menjadi atensi dan pedoman dalam melaksanakan tugas.

Senantiasa meningkatkan ketaqwaan dan keimanan serta selalu menjaga kesehatan saat bertugas.

Jaga netralitas sebagai petugas pengamanan dan tidak memihak kepada siapapun.

Hindari sikap arogansi dan selalu bersikap humanis pada saat bertugas.

Jaga sinergitas dan soliditas dengan tni, penyelenggara pemilu, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan instansi terkait lainnya.

Selalu waspada dan siaga pada saat bertugas serta perhatikan faktor keselamatan masing-masing. Laksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab.

“Saya selaku Kapolres Lhokseumawe mengucapkan terima kasih kepada seluruh Personel karena sampai dengan saat ini tidak ada kendala terkait dengan situasi Kamtibmas. harapan kita semua agar ini dapat terus dipertahankan sehingga situasi Kamtibmas di Wilkum Polres Lhokseumawe tetap aman dan kondusif. Laksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab, dedikasi, demi suksesnya Pemilu 2024 di Wilkum Polres Lhokseunawe,” tutup Kapolres Lhokseumawe. (Mamecoin.id)

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *